Minggu, 21 Februari 2021

MODUL TERNAK UNGGAS PETELUR SMKN 1 GUNUNG TULEH PASAMAN BARAT SUMATRA BARAT

 

 

SMK NEGERI 1 GUNUNG TULEH

Jl. Simpang Tigo Alin, Kec. Gunung Tuleh      Email : smkn1.gunungtuleh17@gmail.com

                                                     

                                                                                                      

XI 

 


 

                                                                                                                       u

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

          Modul ini dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi sikap, pengetahuan dan keterampilan secara utuh. Keutuhan tersebut menjadi dasar dalam perumusan kompetensi dasar tiap mata pelajaran mencakup kompetensi dasar kelompok sikap, kompetensi dasar kelompok pengetahuan, dan kompetensi dasar kelompok keterampilan. Semua mata pelajaran dirancang mengikuti rumusan tersebut.

          Modul pembelajaran ini berisi materi pembelajaran yang membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterapilan dalam menyajikan pengetahuan yang dikuasai secara kongkrit dan abstrak, dan sikap sebagai makhluk yang mensyukuri anugerah alam semesta yang dikaruniakan kepadanya melalui pemanfaatan yang bertanggung jawab. Modul ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharuskan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam kurikulum, siswa diberanikan untuk mencari dari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru sangat penting dan harus dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

          Modul ini sangat terbuka dan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Untuk itu, saya mengundang para pembaca memberikan kritik, saran, dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan. Atas kontribusi tersebut, kami ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi SMK BISA.....

 

                                                                                    Penulis,

 

 

 

 

                                                                                    Rasyid Fatahillah Harahap




DAFTAR ISI

                                                                                                                                            Halaman

 

KATA PENGANTAR.................................................................................................    2

DAFTAR ISI................................................................................................................ 3

DAFTAR TABEL........................................................................................................  4

GLOSARIUM....................................................................................................... ...... 5

I.   Pendahuluan................................................................................................         6

A. Deskripsi.................................................................................................... ......  7

B. Petunjuk Penggunaan Modul................................................................ ......       7

C. Tujuan Akhir Pembelajaran.................................................................... ......      7

E. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar............................................... ......         8      

F. Cek Kemampuan Awal...................................................................................       8

II. PEMBELAJARAN................................................................................................     9

Kegiatan Pembelajaran 1.......................................................................................     9

Menerapkan Pemanenan Telur ............................................................................         9

A. Deskripsi ...............................................................................................................    9

B. Kegiatan Belajar................................................................................................... 9       1.Tujuan Pembelajaran............................................................................................................9

.... 2. Uraian Materi..................................................................................................     10

.... 3. Refleksi............................................................................................................    19

.... 4. Tugas. .............................................................................................................    20

.... 5. Tes Formatif ...................................................................................................     20

C. Penilaian.............................................................................................................     20

III. PEMBELAJARAN.............................................................................................     23

Kegiatan Pembelajaran 2....................................................................................       23

A. Deskripsi ........................................................................................................     23

B. Petunjuk Penggunaan Modul................................................................ ....          23

C. Tujuan Akhir Pembelajaran.................................................................... ....         23

D. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar............................................... ....           24

F. Cek Kemampuan Awal.................................................................................        24

Menganalisis Program molting..........................................................................       25

A. Deskripsi .............................................................................................................    25

B. Kegiatan Belajar................................................................................................. 25       1.Tujuan Pembelajaran.........................................................................................    25

.... 2. Uraian Materi..................................................................................................     25

.... 3. Refleksi............................................................................................................     39

.... 4. Tugas. .............................................................................................................     40

.... 5. Tes Formatif ...................................................................................................      40

C. Penilaian.............................................................................................................      40

 

             

 

 

 

 

Daftar Tabel

                                                                                                                  Halaman

 

 

1.         Kandungan nutrisi pakan limbah pertanian............................................ 12

2.         Stanandar pakan masa laktasi................................................................14

3.         Contoh Formula Konsentrat Kualitas Baik...............................................15

4.         Konsentrat Sederhana (Kualitas Sedang)...............................................15

 


 

 

 

 

GLOSARIUM

 

Antiseptika             Antiseptik atau germisida adalah senyawa kimia yang digunakan untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme pada jaringan yang hidup seperti pada permukaan kulit dan membran mukosa.

 

Bakteriostatik         Bakteriostatik adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu zat yang menghentikan pertumbuhan bakteri (seperti antibiotik).

 

Chopper                  Mesin memotong/ mencacah rumput

 

Desinfektan            Bahan kimia yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi       atau                                   pencemaran oleh jasad renik atau obat untuk

                                 membasmi kuman penyakit. Pengertian lain disinfektan adalah senyawa kimia yang bersifat toksik dan memiliki kemampuan membunuh mikroorganisme.

 

Mikroorganisme    Mikroorganisme atau mikroba adalah organisme yang berukuran sangat kecil sehingga untuk mengamatinya diperlukan alat bantuan.[1] Mikroorganisme disebut juga organisme mikroskopik.[1] Mikroorganisme seringkali bersel tunggal (uniseluler) maupun bersel banyak (multiseluler.

 


I. PENDAHULUAN

 

          Keberhasilan suatu usaha produksi peternakan bergantung kepada faktor genetik, budidaya dan juga pakan, diantaranya meliputi kemampuan teknis peternakan, yang terdiri dari peningkatan kemempuan tatalaksana produksi, tatalaksana pemberian pakan dan tatalaksanapemeliharaan sehari-hari bagi peternak yang mutlak harus dimiliki. Salah satu penyebab kerugian suatu usaha peternakan sapi perah diakibatkan belum dilaksanakannya tatalaksana yang baik dalam usaha sub sektor peternakan tersebut, sehingga berpengaruh lebih lanjut terhadap aspek-aspek lainnya, terutama dapat menghambat peningkatan produksi susu. Sebagia peternak, kenyataannya belum melaksanakan tatalaksana peternakan yang baik atau belum sesuai dengan harapan dalam menjalankan usaha peternaknnya. (Suherman, 2010).

          Penyediaan hijauan yang cukup dan berkualitas tinggi merupakan prioritas utama dalam menunjang keberhasilan suatu usaha peternakan. Pakan yang sempurna mengandung protein, karbohidrat, lemak, air, vitamin dan mineral. Salah satu faktor yang menentukan berhasilnya peternakan sapi perah adalah pemberian pakan. Hal yang perlu diperhatikan dalam pemberian pakan adalah mengetahui berapa jumlah pakan dan jenis pakan apa yang tepat diberikan untuk sapi perah. Jenis pakan yang diberikan untuk sapi perah adalah hijauan dan konsentrat. Pakan yang diberikan disesuaikan dengan kelompok umur. Jenis jenis pakan ternak yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber nutrisi diantaranya rumput, legum, onggok, dedak, shorgum, merupakan sumber energi yang dibutuhkan ternak. Sumber protein meliputi legum, limbah hasil pertanian (bungkil kedelai, bungkil kelapa, ampas tahu). Pemenuhan sumber energi bagi ternak dapat menggunakan garam dapur, kapur, tepung tulang dan mineral mix, sedangkan sebagai sumber vitamin dapat menggunakan jagung kuning, hijauan segar (rumput dan legum),. Hal yang harus diperhatikan ketika memberikan pakan disesuaikan dengan kondisi dan umur ternak.


A.        DESKRIPSI

          Modul agribisnis ternak unggas ini mempelajari kompetensi agribisnis ternak unggas petelur. Modul bahan ajar siswa ini, akan mempelajari tentang bagaimana peternak/Siswa mempelajari dan menyelesaikan bagaimana cara Menerapkan pemanenan telur dan penenganan telur hasil produksi peternakan yang baik.

 

B.        PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL

 

1.         Bacalah dan pahamilah modul pembelajaran ini secara berurutan dari halaman glosarium sampai penilaian kompetesi dan fahami benar isi dari setiap kompetensi dasar.

2.         Setelah ananda mengisi check kemampuan Awal, ananda termasuk kategori orang yang perlu mempelajari modul pembelajaran ini ? Apabila ananda menjawab YA, maka pelajari modul pembelajaran ini.

3.         Untuk memperdalam ilmu pengetauan, keterampilan dan ananda dalam menguasai kompetensi ini, maka modul pembelajaranini perlu dikombinasikan dengan sumber belajar lainnya. Bila ada yang kurang jelas tanyakan pada  guru pembimbing PKL ananda

4.         Laksanakan semua tugas-tugas/lembar kerja, lembar soal dan lembar penilaian yang ada dalam modul pembelajaran ini agar kompetensi ananda berkembang.

5.         Lakukan kegiatan belajar mulai dari kompetensi dasar ke 1, ke 2 secara berurutan.

6.         Setiap mempelajari satu kompetensi dasar, ananda harus mulai dari menguasai pengetahuan pendukung (uraian materi), melaksanakan tugas-tugas, mengerjakan lembar kerja , lembar soal dan lembar penilaiannya.

7.         Dalam mengerjakan lembar soal, ananda jangan melihat kunci Jawaban terlebih dahulu, sebelum ananda menyelesaikan lembar soal

 

C.        TUJUAN AKHIR PEMBELAJARAN

          Setelah mempelajari modul pembelajaranini, dengan disediakan alat dan bahan serta sarana pendukung lainnya diharapkan siswa dapat :

 

1.         Menerapkan pemanenan telur

2.         Melakukan pemanenan telur


D.        KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI INTI

KOMPETENSI DASAR

 

1.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

 

 

 

3.10. Menerapkan pemanenan telur

 

3.11. Menganalisis program molting

 

 

 

 

2.  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah.

 

 

4.10.   Melakukan pemanenan telur

 

4.11.   Menganalisis program molting

 

 

 

E.        CEK KEMAMPUAN AWAL

Berilah tananda “√” pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan jawaban ananda!

Ya

Tidak

1.    Apakah ananda mampu mempersiapkan

Dan menerapkan pemanenan telur dengan baik dan benar?

Ya

Tidak

2.    Apakah ananda mampu mempersiapkan

Dan melakukan pemanenan telur

dengan baik dan

benar?

Ya

Tidak


Apabila ananda menjawab “ TIDAK ” pada salah satu pertanyaan di atas pelajarilah modul, tetapi apabila ananda menjawab “ YA ” pada semua pertanyaan, maka lanjutkan dengan menjawab penilaian pada unit modul.

 

 

 

 


II. PEMBELAJARAN

Kegiatan Pembelajaran 1

Mempersiapkan konsep tentang Melakukan pemenenan telur. 85 jp (17 kali tatap muka @5jam) Waktu : 17 x 5JP ( @. 45 Menit).

Kompetensi

Jam

Teori

Praktek

Melakukan pemenenan telur (60 jam) @5 jam @ 17 x tatap muka

a.  Pemenenan Telur

1

b.  Pengambilan telur dikandang

2

c.   Seleksi telur tetas

3

d.  Warna dan bentuk telur

4

e.  Ukuran dan bobot telur tetas

5

f.    Bentuk telur tetas

6

g.  Kualitas Kerabang atau Kulit telur

7

h.  Bentuk dan kerabang yang tidak baik untuk telur tetas

8

i.    Kualitas bagian dalam (interior)

9

j.    Penanganan Telur Tetas

10

k.   Penyimpanan Telur Tetas

11

l.    Telur konsumsi

12

m. Kuwalitas telur

   13

 

A.        DESKRIPSI

          Unit ini mencakup beberapa kegiatan yaitu : Menerapkan pemanenan telur. Serta mempersiapkan alat dan bahan praktek maupun teori.

                                 

B.        KEGIATAN BELAJAR

 

1.         TUJUAN PEMBELARAN

          Setelah mempelajari modul pembelajaran ini, siswa mampu Mempersiapkan konsep Menerapkan pemanenan telur dan Menganalisis program molting. Serta mempersiapkan alat dan bahan praktek maupun teori.

 

2.         URAIAN MATERI

          Keberhasilan dalam agribisnis ternak unggas petelur salah satunya ditentukan dengan budidaya yang baik. Persyaratan secara teknis, yang meliputi tentang :

a.  Pemenenan Telur

b.  Pengambilan telur dikandang

c.   Seleksi telur tetas

d.  Warna dan bentuk telur

e.  Ukuran dan bobot telur tetas

f.    Bentuk telur tetas

g.  Kualitas Kerabang atau Kulit telur

h.  Bentuk dan kerabang yang tidak baik untuk telur tetas

i.    Kualitas bagian dalam (interior)

j.    Penanganan Telur Tetas

k.   Penyimpanan Telur Tetas

l.    Telur konsumsi

m. Kuwalitas telur

n.  Struktur Telur Ayam

o.  Sistem Reproduksi Ayam Betina

p.  Proses Pembentukan Telur Ayam

q.  Pembukuan

MENGAMATI:

Carilah data dan informasi

 

a. Mempersiapkan bahan pemanenan telur dan peralatan dalam agribisnis ternak unggas petelur yang ada di dunia industri lingkungan sekitar sekolah.

b. Pelajari uraian materi berikut ini:

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Gambar 1. Kandang ayam petelur

 

A.        Pemanenan Telur

          Panen ayam petelur adalah masa dimana ayam petelur yang dipelihara dapat dipanen karena telah menghasilkan hasil panen berupa telur, pembudidaya disarankan melakukan pekerjaan memanen telur ini selama 3 kali sehari agar telur dapat terhindar dari kerusakan yang disebabkan oleh virus. pengambilan pertama pada pukul antara 10.00-11.00. Pengambilan kedua dilakukan pada pukul antara 13.00-14.00, dan pengambilan ketiga dilakukan pada pukul 15.00-16.00. Pada pengambilan ketiga ini, dilakukan juga  pengecekan kandang sehingga kondisi kandang dapat dipantau.

         Selain hasil utama yang berupa telur, masa panen ayam petelur juga dapat mengahasilkan hasil tambahan berupa daging ayam yang telah tua. Hasil panen ayam petelur juga dapat berupa kotoran ayam untuk pupuk kandang Setelah telur hasil panen ini bersih, baru layak dijual di pasar. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai proses pembentukan telur, terdapat dua jenis telur yang harus diketahui, yaitu telur tetas dan telur konsumsi.. Telur tetas merupakan telur fertil (dibuahi oleh sperma) dan ditujukan untuk penetasan. Sedangkan telur konsumsi merupakan telur nonfertil yang dikonsumsi oleh manusia dan tidak ditujukan untuk penetasan.

 

B.      Pengambilan telur dikandang

       Masa panen ayam petelur adalah masa dimana ayam petelur yang dipelihara dapat dipanen karena telah menghasilkan hasil panen berupa telurpembudidaya disarankan melakukan pekerjaan memanen telur ini selama 3 kali sehari agar telur dapat terhindar dari kerusakan yang disebabkan oleh virus. pengambilan pertama pada pukul antara 10.00-11.00. Pengambilan kedua dilakukan pada pukul antara 13.00-14.00, dan pengambilan ketiga dilakukan pada pukul 15.00-16.00. Pada pengambilan ketiga ini, dilakukan juga  pengecekan kandang sehingga kondisi kandang dapat dipantau.

      Selain hasil utama yang berupa telur, masa panen ayam petelur juga dapat mengahasilkan hasil tambahan berupa daging ayam yang telah tua. Hasil panen ayam petelur juga dapat berupa kotoran ayam untuk pupuk kandang Setelah telur hasil panen ini bersih, baru layak dijual di pasar.

 

C.      Seleksi telur tetas

            Telur tetas merupakan telur fertil atau telah dibuahi, dihasilkan oleh peternakan ayam pembibit, bukan dari peternakan ayam komersial yang digunakan untuk penetasan. Telur tetas yang digunakan dalam proses penetasan adalah telur yang telah diseleksi. Syarat telur tetas yang baik yaitu sehat dan produktivitasnya tinggi, umur telur dan kualitas fisik telur (bentuk, berat, keadaan kerabang) (Suprijatna et al., 2005). Kualitas telur tetas tergantung dari kualitas induk, kualitas pakan yang dikonsumsi, kondisi kesehatan ayam, week production, dan suhu (Kholis dan Sitanggang, 2001). Ayam yang dipelihara sebagai penghasil telur konsumsi umumnya tidak memiliki pejantan dalam kandangnya karena telur konsumsi tidak perlu dibuahi, berbeda dengan ayam petelur yang dipelihara untuk tujuan telur tetas, di dalam kandang perlu ada pejantan dimaksudkan agar telur yang dihasilkan dapat dibuahi atau fertil, sebab telur yang tidak fertil tidak akan menetas. Saat akan menyeleksi telur tetas yaitu ukuran besar telur 50 g sampai 65 g, bentuk telur normal, warna kulit telur agak gelap, tebal cangkang 0,33 mm - 0,35 mm, dan nilai Haugh Unit yaitu >80 (Kartasudjana dan Suprijatna, 2006).

 

Gambar 2.  Warna telur

 

D.        Warna dan bentuk telur

          Tahap awal yang harus dilakukan pada penetasan telur ayam misalnya pada ayam KUB, setelah dilakukan pengumpulan telur adalah pemilihan atau seleksi telur. Seleksi telur perlu dilakukan untuk mendapatkan daya tetas yang tinggi serta menghasilkan DOC yang baik dan berkualitas.  Adapun beberapa kriteria seleksi telur tetas yang harus dilakukan dalam kegiatan penetasan yaitu ukuran telur, warna dan bentuk telur, kualitas kerabang dan kualitas bagian dalam telur

C.        Ukuran dan bobot telur tetas

            Ukuran telur berhubungan dengan daya tetas serta kualitas anak ayam. Ukuran telur terlalu besar dan terlalu kecil tidak dapat menetas dengan baik. Telur yang terlalu besarkemungkinan terdapatnya kuning telur ganda, sedangkan telur terlalu kecil akan menghasilkan anak yang kecil dan kalau di simpan dalam rak mesin penetasan tidak bisa. Standar telur tetas yang baik adalah berkirar antara 35 – 42 gram. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan DOC yang seragam tidak terlalu kecil maupun tidak terlalu besar.

D.         Bentuk telur tetas

            Telur tetas yang baik berbentuk normal yaitu oval. Telur yang berbentuk oval memiliki perbandingan antara garis melintang (lebar) dan garis membujur (panjang) sekitar 2 : 3. Telur yang berbentuk oval baik untuk ditetaskan karena memiliki daya tetas yang baik dibandingkan dengan telur yang berbentuk lonjong atau bulat. Hal ini ada kaitannya dengan kemudahan menentukan  bagian ujung yang tumpul telur dimana bagian yang tumpul terdapat rongga udara dan posisi bagian rongga udara harus dibagian atas, dan selama masa inkubasi di dalam mesin tetas tidak salah. Bentuk telur yang abnormal umumnya tidak baik untuk ditetaskan.

E.         Kualitas Kerabang atau Kulit telur

            Telur tetas dengan keadaan kerabang yang koror harus dibersihkan dengan Alkohol sehingga kuman penyakit hilang dan tidak dapat terkontaminasi ke telur yang lain. Telur tetas dengan keadaan kerabang yang tipis, porous, berlapis dan pengapurannya tidak merata tidak baik untuk ditetaskan. Warna kulit telur yang putih bersih juga tidak baik untuk ditetaskan. Ketebalan kerang telur tetas dipengaruhi oleh faktor genetic, ransum, temperature lingkungan dan kesehatan.

 

Gambar 3. Kualitas kerabang atau kulit telur

 

F.          Bentuk dan kerabang yang tidak baik untuk telur tetas

            Ransum yang rendah kandungan kalsium dan vitamin D dengan temperature lingkungan yang terus menerus diatas 27  - 32 deratat Celsius, kondisi ini membuat produksi telur tetas dengan keadaan kerabang yang kurang baik

G.         Kualitas bagian dalam (interior)

            Seleksi bagian dalam dari telur dilakukan dengan cara meneropong telur (canding). Adanya banda-benda asing seperti : bintik-bintik darah, gumpalan daging, kantong udara yang besar, kantorng udara yang bergerak, dapat menyebabkan rendahnya daya tetas. Daya simpan telur untuk penetasan tidak boleh lebih dari 5 – 7 hari karena akan mempengaruhi daya tetas telur. Karena semakin lama penyimpanan maka kualita telur semakin tidak baik. Apalagi penyimpanan di suhu yang rendah. Sebaiknya telur tetas saat penyimpanan di simpan dalam sekam.

 

H.         Penanganan Telur Tetas

   Hasil Utama

            Hasil utama dari budidaya ayam petelur adalah berupa telur yg diahsilkan oelh ayam. Sebaiknya telur dipanen 3 kali dlm sehari. Hal ini bertujuan agar kerusakan isi tlur yg disebabkan oleh virus dpt terhindar/terkurangi. Pengambilan pertama pada pagi hari antara pukul 10.00-11.00; pengambilan kedua pukul 13.00-14.00; pengambilan ketiga (terakhir)sambil mengecek seluruh kandang dilakukan pada pukul 15.00-16.00.

 

        Hasil Tambahan

            Hasil tambahan yg dpt dinukmati dari hasil budidaya ayam petelur adalah daging dari ayam yg telah tua (afkir) & kotoran yg dpt dijual utk dijadikan pupuk kandang.

 

             Pengumpulan
       Telur yg telah dihasilkan diambil & diletakkan di atas egg tray (nampan telur). dlm pengambilan & pengumpulan telur, petugas pengambil harus langsung memisahkan antara telur yg normal dgn yg abnormal. Telur normal adalah telur yg oval, bersih & kulitnya mulus serta beratnya 57,6 gram dgn volume sebesar 63 cc. Telur yg abnormal misalnya telurnya kecil atau terlalu besar, kulitnya retak atau keriting, bentuknya lonjong.

 

Pembersihan

Setelah telur dikumpulkan, selanjutnya telur yg kotor karena terkena litter atau tinja ayam dibershkan. Telur yg terkena litter dpt dibersihkan dgn amplas besi yg halus, dicuci secara khusus atau dgn cairan pembersih. Biasanya pembersihan dilakukan utk telur tetas Penanganan telur yang baik sangat penting karena di dalam telur sudah ada embrio yang sudah berkembang (Hartono dan Isman, 2010). Apabila saat akan melihat mesin telur tetas sudah penuh maka telur harus disimpan menunggu giliran untuk ditetaskan. Telur tetas tidak boleh disimpan lebih dari satu minggu untuk mempertahankan daya tetasnya.

 

I.              Penyimpanan Telur Tetas

           Didalam Coolingroom Telur yang telah diseleksi dan memenuhi syarat untuk ditetaskan segera dimasukan ke dalam mesin tetas tetapi ada pula yang disimpan terlebih dahulu dengan kondisi ruang penyimpanan yang telah memenuhi syarat. Ruang tempat penyimpanan telur tetas harus sejuk, temperatur ruang berkisar 180C. Ruang tempat penyimpnanan telur tetas tidak boleh terlalu kering dan lembab, kelembaban ruangan berkisar 75 - 80% (Suprijatna et al., 2005). Waktu ideal penyimpanan telur tetas adalah kurang dari 10 hari, namun pada ruangan yang cukup kondusif telur dapat disimpan maksimal selama 14 hari (Rasyaf, 2001). Penyimpanan telur selama 14 hari pada suhu ruang berkisar 21-27oC dengan kelembaban udara berkisar 67-87% dapat mengakibatkan penyusutan terhadap berat telur tetas sebesar 2,45%, pada telur ras yang dibuahi sebesar 2,7% pada telur ayam ras dan 2,9% pada telur itik yang ditunasi (Hardjosworo et al., 1978).

J.        Telur konsumsi

       Telur konsumsi yang paling mudah ditemukan di pasar adalah telur ayam dan telur bebek. Proses pembentukan telur merupakan salah satu dari sekian banyak ilmu pengetahuan yang harus diketahui, karena memiliki banyak hubungan dengan berbagai ilmu kedokteran hewan maupun ilmu peternakan. Seperti pembenihan virus dengan TAB (Telur Ayam Berembrio), pemahaman mengenai tata cara penetasan telur, serta untuk mengetahui kualitas telur yang dihasilkan oleh ternak.

 

M.        Kuwalitas telur

            Telur merupakan bahan pangan yang memiliki nilai gizi yang sangat tinggi dan sangat bermanfaat bagi tubuh karena mengandung protein, lemak, vitamin, mineral dan karbohidrat serta mengandung asam amino essensial. "Kerusakan telur karena kuman berpotensi menimbulkan bahaya (potentially hazardous food) bagi kesehatan konsumen yang mengon-sumsi telur yang telah mengalami kerusakan tersebut. Penanganan telur yang baik akan memperpan-jang masa simpan dan menjaga nutrisi yang terkandung di dalam telur tersebut," kata Nurul. Disampaikannya, penanganan telur dimulai dari pelaksanaan praktek-praktek hygiene yang baik pada tingkat peternak, pedagang/retail sampai ke tingkat konsumen. "Dewasa ini banyak sekali peternak ayam petelur yang gagal paham mengenai cara penanganan telur saat panen dengan baik, ada yang tidak sesuai prosedur," ujar Nurul Ain. Diharapkannya, peternak bisa melakukan tahap demi tahap pen-anganan telur pasca panen dengan baik agar nantinya bisnis peternakan ayam petelur berjalan dengan suk-ses dan lancar. Penanganan telur yang baik me liputi pengambilan, packing dan penyimpanan telur. Pengumpulan atau pengambilan telur di dalam kandang minimal dilakukan 2-3 kali sehari yaitu pukul 09.00, pukul 11.00 dan pukul 15.00 WIB.

            Telur kemudian diletakkan di dalam tray. Penumpukan tray telur jangan terlalu tinggi. Untuk pengaman, sebaiknya ketika mengangkat tray di bawahnya diberi alas kayu yang ringan. Dari kandang semua telur dibawa ke gudang telur untuk dilakukan seleksi dan packing. Berdasarkan besarnya, telur dikelompokkan sesuai dengan ukurannya. Bentuk/ukuran telur besar seperti telur jumbo atau dobel di packing dan dijual sendiri. Telur dari ayam masih muda akan lebih kecil dari ayam yang lebih tua. Oleh karena ukurannya yang lebih kecil, telur ayam muda ini sering dijadikan sebagai sarana penipuan. Telur tersebut diberi cat kimia sehingga warna kulitnya berubah menjadi agak keputihan dan menyerupai telur ayam kampung. Kemudian telur tersebut dijual sebagai ayam kampung. Hal tersebut perlu diperhatikan, khususnya bagi para konsumen. Telur yang retak/pecah harus dikeluarkan dan jika masih layak dijual secepatnya. "Banyak dijumpai telur yang kulitnya kotor terutama pada ayam yang dipelihara di kandang litter karena ayam betelur di lantai dan bukan di sangkar. Untuk itu, telur yang kotor harus dipisahkan walaupun telah dicuci. Telur yang kotor atau yang telah dicuci akan memiliki daya tahan simpan lebih pendek ketika berada di pedagang pengecer," kata Nurul Ain. Setelah diseleksi, telur di packing menggunakan beberapa pilihan tem-pat (wadah) yaitu umumnya meng-gunakan peti yang dibawahnya telah diberi serutan kayu/kulit padi atau menggunakan tray.

N.      Struktur Telur Ayam

        Telur terdiri dari beberapa bagian seperti Cuticula atau kerabang telur, Air Cell, Albumen tebal, Albumen tipis, Germinal Disc, Vitelline Membrane, Kuning Telur (Yolk), dan Chalaza.Semua struktur dan komponen di dalam telur memiliki fungsi masing-masing. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar struktur telur berikut ini :

Gambar 4. Struktur telur ayam

 

            Cuticula atau kerabang telur merupakan pelindung telur. Di mana pada bagian ini memiliki pori-pori untuk keluar masuk udara. Kemudian terdapat selaput di bawah cuticula yang disebut dengan membran cangkang. Dimana selaput tipis tersebut tidak menempel di kerabang pada bagian telur yang tumpul, sehingga membentuk air cell. Air cell atau rongga udara tersebut merupakan sumber oksigen bagi embrio

            Didalam membran cangkang, terdapat yolk (kuning telur) yang berfungsi sebagai cadangan makanan bagi embrio. Dan pada bagian tepi kuning telur, terdapat germinal disc yang merupakan bakal individu baru.

Selain kuning telur, juga terdapat putih telur yang berfungsi menjaga embrio dari goncangan dan sebagai cadangan makanan serta air.

            Kemudian juga terdapat Chalaza yang memiliki bentuk seperti tali untuk menjaga kuning telur tetap pada tempatnya dan menjaga embrio tetap berada di atas kuning telur.

 

H.       Sistem Reproduksi Ayam Betina

            Ayam memiliki dua organ reproduksi, yaitu ovarium dan oviduct. Ovarium merupakan organ yang berfungsi untuk menghasilkan sel telur dan memiliki fungsi sebagai organ reproduksi primer pada betina. Sedangkan oviduct merupakan saluran yang menghubungkan ovarium dengan vagina. Di mana oviduct terbagi menjadi infundibulum, magnum, isthmus, uterus, dan vagina. Pada umumnya organ reproduksi yang dimiliki oleh avian hanya berfungsi sebelah sisnister (kiri) saja. Sedangkan organ reproduksi bagian dexter (kanan) pada mulanya tumbuh, namun mengalami regresi dan tidak berfungsi di usia dewasa. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar saluran reproduksi ayam berikut ini :




Gambar 5. Sistem reproduksi ayam betina

1. Ovarium

            Ovarium yang sudah masak memiliki bentuk bulat bergerombol seperti anggur. Ovarium memiliki sekitar 1500 folikel. Setiap telur mengandung oocyte kuning telur yang dikelilingi oleh dinding buluh darah yang menyelubungi folikel. (Hendarti, 2019).

Pada ayam, tidak akan ditemukan bentukan embrio dan corpus luteum di dalam saluran reproduksi.


2. Oviduct

            Oviduct merupakan saluran penghubung antara ovarium dengan vagina. Di mana pada ayam, hanya oviduct bagian kiri yang berfungsi, sedangkan oviduct bagian kanan rudimenter. Bentukan itu dapat dijumpai di bagian kanan cloaca, di bawah bagian dari usus besar terakhir, yaitu colon.

            Selama melewati oviduct, ovum yang vertil dari ovarium akan mengalami penambahan beberapa nutrisi dan substansi untuk pembentukan satu butir telur ayam yang utuh. Seperti pembentukan kerabang telur pada bagian uterus contohnya. Selain itu, oviduct juga berfungsi untuk mengantarkan spermatozoa menuju ovum untuk proses fertilisasi.


3. Infundibulum

            Infundibulum merupakan bagian paling depan dari oviduct. Dengan panjang 7 cm, infundibulum akan membungkus kuning telur dengan lapisan tipis albumin (lapisan chalaza). Chalaza menyelubungi kuning telur dengan cara memutarnya, sehingga discus germinalis tetap berada di bagian atas.

 

4. Magnum

            Magnum merupakan bagian oviduct yang terpanjang, yaitu sekitar 30 cm. Magnum memiliki dinding tebal yang berlipat karena memiliki kelenjar penghasil albumin.

 

5. Isthmus

            Isthmus merupakan penyempitan setelah magnum. Memiliki panjang sekitar 8 cm dan berfungsi untuk menghasilkan albumin dan bahan yang cepat mengental. Pada bagian ini, juga terbentuk dua membran homogen di antara albumin dan kulit yang disebut dengan Inner Shell dan Outer Shell.

 

6. Uterus

            Uterus memiliki panjang sekitar 8 cm dengan ruangan yang tidak begitu luas. Pada bagian uterus terjadi deposisi kulit dan pigmen. Selain itu, juga terbentuk lapisan kutikula yang merupakan kerabang telur.

 

7. Vagina

            Vagina merupakan bagian terakhir dari oviduct. Pada bagian ini, terdapat cincin sirkuler (spincter) dengan lipatan di permukaannya sebagai tempat untuk menyimpan spermatozoa. Vagina diakhiri dengan lubang yang dinamakan dengan urodeum di bagian cloaca.

 

P.        Proses Pembentukan Telur Ayam

            Proses pembentukan telur ayam memerlukan waktu seharian penuh, yaitu lebih dari 24 jam untuk satu butir telur. Proses pembentukan telur ayam diawali dari bagian ovarium sebagai penghasil sel telur (ovum). Ovum yang sudah matang kemudian dilepaskan menuju saluran oviduct pertama, yaitu infundibulum. Ovum berada pada bagian ini sekitar 15 menit.

            Pada bagian infundibulum, terjadi pembuahan ovum oleh sprematozoa yang tadinya menetap pada perbatasan infundibulum dengan magnum. Setelah melalui infundibulum, ovum yang sudah mengalami fertilisasi selanjutnya menuju ke magnum.

            Pada magnum, telur mengalami penambahan unsur berupa putih telur yang banyak mengandung albumin. Pada bagian ini, telur membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam. Saluran oviduct yang harus dilewati oleh telur setelah magnum adalah isthmus. Pada bagian ini, dibentuk dua membran homogen yang disebut dengan inner shell dan outer shell. Kedua membran tersebut berada di antara albumin dan kulit telur. Setelah melalui isthmus, telur kemudian akan masuk ke dalam uterus. Di dalamnya, terjadi  proses dehidrasi (plumping) putih telur sehingga terjadi kerabang telur.

            Pada bagian ini, telur menetap kurang lebih selama 20 jam. Setelah itu, telur dikeluarkan melalui vagina dan berlanjut ke cloaca, tepatnya melalui saluran urodeum.

 

Q.        Pembukuan

            Setiap usaha, tentu harus melalukan pencatatan pada setiap pengeluaran dan pemasukan keuangan, termasuk jika Anda memilih untuk melalukaun budidaya ayam petelur. Dengan melakukan pembukuan yang benar, Anda bisa dengan mudah melakukan perencanaan usaha Anda dengan benar berdasarkan laporan keuangan dan juga melakukan pemantauan pada pos pengeluaran yang Anda anggap sebagai pemborosan dan bisa dilakukan penghematan agar arus kas lebih efisien.

 

3.         Refleksi

            Setelah Ananda mempelajari materi tentang langkah langkah pemanenan telur pada modul agribisnis ternak unggas petelur  yang mencakup Seleksi telur tetas ,Warna dan bentuk telur, Ukuran dan bobot telur tetas, Bentuk telur tetas, Kualitas Kerabang atau Kulit telur, Bentuk dan kerabang yang tidak baik untuk telur tetas, Kualitas bagian dalam (interior), Penanganan Telur Tetas, Penyimpanan Telur Tetas, Telur konsumsi, Kuwalitas telur, Struktur Telur Ayam, Sistem Reproduksi Ayam Betina, Proses Pembentukan Telur Ayam, Pembukuan, harap jawab pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut

 

a.    Pertanyaan:

Hal-hal apa saja yang dapat ananda lakukan tekait dengan materi pemanenan telur dalam agribisnis ternak unggas petelur?

 

Jawaban:

 

 

 

 

 

 

 

 

b.    Pertanyaan:

Aspek menarik apa saja yang Ananda temukan dalam materi  pemanenan telur dalam agribisnis ternak unggas petelur?

 

Jawaban:

 

 

 

 

 

c.    Pertanyaan:

Manfaat apa saja yang ananda peroleh dari materi pemanenan telur dalam agribisnis ternak unggas petelur?

 

Jawaban:

 

 

 

 

 

 

 

 

d.    Pertanyaan:

Manfaat apa saja yang ananda peroleh dari materi pemanenan telur dalam agribisnis ternak unggas petelur?

 

Jawaban:

 

 

 

 

 

 

 

4.         TUGAS

Pilihlah salah satu tugas di bawah ini

a.         Buatlah suatu makalah tentang pemanenan telur dalam agribisnis ternak unggas petelur?

b.         Buatlah suatu makalah tentang pemanenan telur puyuh dalam agribisnis ternak unggas petelur?

c.         Buatlah suatu makalah tentang pemanenan telur itik dalam agribisnis ternak unggas petelur?

 

5.         Tes Formatif

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas !

a.         Jenis bahan pakan apa saja yang diperlukan untuk meningkatkan produksi telur?

b.        Jenis limbah pertanian apa saja yang diperlukan untuk proses meningkatkan produksi telur ayam?

 

C.      Penilaian

1.         Sikap

Ananda diminta untuk melakukan penilaian diri. Penilaian ini dilakukan cara sebagai berikut :

a. Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti

b. Berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari di tempat PKL

2.         Sikap Spritual

NO

ASPEK PENGAMATAN

SKOR

1

2

3

4

1

Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu

 

 

 

 

2

Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan

 

 

 

 

3

Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi

 

 

 

 

4

Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan

 

 

 

 

5

Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan

 

 

 

 

Jumlah Skor

 

 

 

 

 

Keterangan :

1.         Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

2.         Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan

3.         Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

4.         Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

 

c.         Sikap Jujur

NO

Aspek Pengamatan

SKOR

1

2

3

4

1

Tidak nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas

 

 

 

 

2

Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas

 

 

 

 

3

Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya

 

 

 

 

4

Melaporkan data atau informasi apa adanya

 

 

 

 

5

Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki

 

 

 

 

Jumlah Skor

 

 

 

 

 

Keterangan :

1.         Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

2.         Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan

3.         Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

4.         Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

 

d.            Sikap Disiplin

NO

Sikap yang diamati

Melakukan

YA

Tidak

1

Masuk tempat PKL tepat waktu

 

 

2

Mengumpulkan tugas tepat waktu disekolah

 

 

3

Memakai seragam sesuai tata tertib ditempat PKL

 

 

4

Mengerjakan tugas yang diberikan ditempat PKL

 

 

5

Tertib dalam mengikuti kegiatan di tempat PKL

 

 

 

e.         Pengetahauan

Jawablah pernyataan di bawah ini dengan singkat dan jelas !

a.       Jelaskan berapa lama pembentukan telur ayam?

b.      Jelaskan jenis ternak unggas apa saja yang dapat menghasilkan telur?

c.       Jelaskan bagaimana langkah-langkah ananda dalam pemanenean telur dalam kandang?

d.      Jelaskan jenis jenis limbah pertanian apa saja yang dapat dijadika sebagai bahan baku pakan ternak unggas petelur?

 

f.          Keterampilan

Lakukan kegiatan persiapan dan peralatan untuk kegiatan pemanenan telur ayam.

NO

Kriteria ( 100%)

YA

Tidak

1

Syarat kandang, bangunan kandang dan layout/tata letak kandang, konstruksi kandang , kebutuhan kandang dan jumlah peralatan untuk ternak unggas petelur

 

 

2

Menetukan jenis-jenis peralatan dan sarana pendukung pemanenan telur dalam agribisnis ternak unggas petelur

 

 

3

Menginventarisasi kebutuhan kandang dan peralatan untuk usaha agribisnis ternak unggas petelur

 

 

4

Menentukan peralatan untuk pemanenan ternak unggas petelur dan penyimpanannya

 

 

5

Menentukan kebutuhan dosis bahan untuk sanitasi dan prosedur sanitasi untuk telur tetas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PEMBELAJARAN II

 

MENGANALISIS PROGRAM MOLTING

 

A.        DESKRIPSI

           

          Modul agribisnis ternak Unggas ini mempelajari kompetensi agribisnis ternak unggas petelur. Modul bahan ajar siswa ini, akan mempelajari tentang bagaimana peternak/Siswa mempelajari dan menyelesaikan bagaimana cara menganalisis program atau pun tindakan ketika ketika program forse molting dilakukan.

B.        PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL

1.         Bacalah dan pahamilah modul pembelajaran ini secara berurutan dari halaman glosarium sampai penilaian kompetesi dan fahami benar isi dari setiap kompetensi dasar.

2.         Setelah ananda mengisi check kemampuan Awal, ananda termasuk kategori orang yang perlu mempelajari modul pembelajaran ini ? Apabila ananda menjawab YA, maka pelajari modul pembelajaran ini.

3.         Untuk memperdalam ilmu pengetauan, keterampilan dan ananda dalam menguasai kompetensi ini, maka modul pembelajaranini perlu dikombinasikan dengan sumber belajar lainnya. Bila ada yang kurang jelas tanyakan pada  guru pembimbing PKL ananda

4.         Laksanakan semua tugas-tugas/lembar kerja, lembar soal dan lembar penilaian yang ada dalam modul pembelajaran ini agar kompetensi ananda berkembang.

5.         Lakukan kegiatan belajar mulai dari kompetensi dasar ke 1, ke 2 secara berurutan.

6.         Setiap mempelajari satu kompetensi dasar, ananda harus mulai dari menguasai pengetahuan pendukung (uraian materi), melaksanakan tugas-tugas, mengerjakan lembar kerja , lembar soal dan lembar penilaiannya.

7.         Dalam mengerjakan lembar soal, ananda jangan melihat kunci Jawaban terlebih dahulu, sebelum ananda menyelesaikan lembar soal

 

C.        TUJUAN AKHIR PEMBELAJARAN

          Setelah mempelajari modul pembelajaran ini, dengan disediakan alat dan bahan serta sarana pendukung lainnya diharapkan siswa dapat :

 

1.         Menganalisis program molting

2.         Menyajikan hasil molting

D.        KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI INTI

KOMPETENSI DASAR

 

1.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

 

 

 

 

3.11. Menganalisis program molting

 

 

 

 

2.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah.

 

 

 

 

4.11.  Menyajikan hasil molting

 

 

 

 

E.        CEK KEMAMPUAN AWAL

Berilah tanda “√” pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan jawaban ananda!

Ya

Tidak

1.   Apakah ananda mampu Menganalisis program molting dengan baik dan benar?

Ya

Tidak

2.    Apakah ananda mampu Menyajikan hasil molting dengan baik dan benar?

Ya

Tidak


Apabila ananda menjawab “ TIDAK ” pada salah satu pertanyaan di atas pelajarilah modul, tetapi apabila ananda menjawab “ YA ” pada semua pertanyaan, maka lanjutkan dengan menjawab penilaian pada unit modul.

 

 

 

 

 

 

 

 


II. PEMBELAJARAN

Kegiatan Pembelajaran 2

Mempersiapkan konsep tentang Menganalisis program molting. 85 jp (17 kali tatap muka @5jam) Waktu : 17 x 5JP ( @. 45 Menit).

Kompetensi

Jam

Teori

Praktek

Menganalisis program molting (60 jam) @5 jam @ 12 tatap muka

b. Program Force Molting

1

c. Defenisi Force Molting

2

d. Tujuan Force Molting

3

e. Metode Force Molting

4

f.   Rontok bulu secara paksa (Force Molting)

5

g. Perlakuan pemberian Air minum

6

h.Perlakuan pemberian Pakan

7

i.  Keuntungan Ekonomi;

8

j.   Keuntungan lainnya 

9

k. Siklus Force Molting

10

l.  Nutrisi Fase Force Molting

11

m.   Waktu Force Molting

12

n.  Kelebihan dan Kekurangan Forfe Molting

   13

 

A.        DESKRIPSI

          Unit ini mencakup beberapa kegiatan yaitu : Menerapkan pemanenan telur dan Menganalisis program molting. Serta mempersiapkan alat dan bahan praktek maupun teori.

                                 

B.   KEGIATAN BELAJAR

 

1.         TUJUAN PEMBELARAN

          Setelah mempelajari modul pembelajaran ini, siswa mampu Mempersiapkan konsep Menerapkan pemanenan telur dan Menganalisis program molting. Serta mempersiapkan alat dan bahan praktek maupun teori.

 

2.         URAIAN MATERI

          Keberhasilan dalam agribisnis ternak unggas petelur salah satunya ditentukan dengan budidaya yang baik pula. Persyaratan secara teknis, yang meliputi tentang :

a.  Program Force Molting

b.  Defenisi Force Molting

c.   Tujuan Force Molting

d.  Metode Force Molting

e.  Rontok bulu secara paksa (Force Molting)

f.    Perlakuan pemberian Air minum

g.  Perlakuan pemberian Pakan

h.  Keuntungan Ekonomi;

i.    Keuntungan lainnya 

j.    Siklus Force Molting

k.   Nutrisi Fase Force Molting

l.    Waktu Force Molting

m. Kelebihan dan Kekurangan Forfe Molting

n.  Persiapan dan Penanganan yang Matang

MENGAMATI:

Carilah data dan informasi

 

a. Mempersiapkan bahan dan peralatan untuk menganalisis program molting ternak unggas petelur yang ada di dunia industri lingkungan sekitar sekolah.

b. Pelajari uraian materi berikut ini:

 

 

 

 

 

 

 

 


A.        Program Force Molting

           force molting merupakan tindakan merontokkan bulu dengan menghentikan produksi telur yang waktunya diatur oleh manusia. . Harimurti et al. (1979) menyatakan bahwa ditinjau dari segi ekonomi force molting cukup dapat memperpanjang produksi telur, sehingga mampu mendayagunakan ayam petelur yang sudah waktunya memasuki masa afkir. Handayani (1980) menyatakan bahwa force molting dapat menaikkan produksi telur, mempengaruhi konsumsi pakan, dan dalam perhitungan ekonomi lebih menguntungkan. Force molting juga mampu meningkatkan kualitas telur (Hurwitz, 1974). Bila selama perlakuan force molting ayam benar-benar berhenti bertelur, dapat diduga nanti di masa produksi berikutnya, ayam akan bertelur banyak dan ukurannya lebih besar (Rasyaf, 1994). Jika dirangsang proses molting bisa berlangsung kurang lebih 5-9 minggu (Berry, 2003). Hal itu terjadi karena adanya kontrol hormon endokrin di dalam tubuh unggas. Meskipun kejadian molting secara umum diketahui terjadi akibat hormon thyroid, namun belum ada mekanisme yang bisa menjelaskannya. (Setioko, 2005). Perontokan bulu terjadi setelah masa produktif ayam petelur berakhir, yaitu ketika umur ayam sudah mencapai kurang lebih 75 minggu. Proses molting ditandai dengan terjadinya kerontokan bulu, mulai dari bulu daerah kepala, leher, dada, punggung, sayap, hingga bulu pada bagian ekor.

          Proses molting memberikan masa istirahat bagi saluran reproduksi ayam petelur dari aktivitas reproduksi. Hal itu bertujuan agar ayam dapat menyimpan cadangan energi.   Pada umumnya, proses molting secara alami dapat berlangsung sekitar 4 bulan. Hal tersebut tentu akan memperlama waktu produksi suatu peternakan. Untuk mengatasi hal tersebut, dibuatlah suatu metode untuk mempercepat proses perontokan bulu yang disebut dengan ‘force molting’.   Sehingga, ayam dapat menghasilkan telur kembali dengan kualitas dan kuantitas yang bahkan melebihi masa produktif sebelumnya. Namun, hal itu hanya berlangsung sekitar 6 bulan. Selanjutnya, ayam petelur harus tetap diafkir untuk dijual di pasaran. Kemudian digantikan dengan bibit (DOC) baru.

B.        Defenisi Force Molting

          Force molting ayam merupakan suatu proses mempercepat perontokan bulu (molting). Biasanya proses force molting diterapkan pada ayam petelur untuk mengoptimalkan produksi yang sedang berlangsung.Dalam pr oses molting, terdapat dua kejadian. Yaitu proses rontoknya bulu (ecdesis) dan tumbuhnya bulu baru (endesis). Proses Force molting digunakan peternak untuk meningkatkan kembali produktifitas ayam petelur di luar masa produksi sesungguhnya. Bahkan beberapa penelitian mengemukakan bahwa telur hasil ayam force molting memiliki kualitas dan kuantitas yang lebih bagus. (Wijayanti, 2019) menyebutkan bahwa perlakuan force molting ayam dapat meningkatkan produksi telur tetas pada ayam petelur.

 

C.   Tujuan Force Molting

          Dalam satu kali umur produksi (hen house), satu ekor ayam petelur mampu menghasilkan kurang lebih 250 butir telur. Padahal, dalam satu ekor ayam petelur terdapat sekitar 3000 ovum. Dari pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat banyak ovum yang tidak berkembang menjadi telur. Hal tersebut dimanfaatkan oleh peternak untuk tetap menggunakan ayam petelur di peternakannya, dengan syarat dilakukannya force molting.

 

Berikut adalah beberapa tujuan dilakukannya force molting ayam petelur :

  • Peternakan belum menyiapkan ayam petelur baru untuk proses produksi selanjutnya
  • Harga jual ayam afkir rendah
  • Harga telur masih stabil
  • Kesulitan mendapatkan Day Old Chick (DOC) dan harganya mahal.

 

D.   Metode Force Molting

          Terdapat dua cara yang dapat dilakukan dalam proses force molting ayam, yaitu secara konvensional dan non konvensional. Proses force molting ayam secara konvensional dilakukan dengan melakukan pembatasan pakan dan minum. Namun, di Indonesia hanya dilakukan pembatasan pakan saja, karena iklimnya yang tropis.

            Sedangkan proses froce molting secara non konvensional dilakukan dengan menggunakan obat-obatan tertentu. Dalam proses force molting ayam secara konvensional, terdapat tiga metode yang bisa diterapkan. Yaitu metode konvensionalWashingtonMaxcindoe dan Milo (California Program).

 

Berikut adalah berbagai metode force molting ayam dalam bentuk tabel :

1.        Metode Konvensional

        Pada metode konvensional, proses force molting ayam dilakukan dengan pemuasaan dari makan dan minum. Selain itu, pada hari ke 1 hingga hari ke 3 dilakukan pembatasan pencahayaan. Yaitu hanya 8 jam per hari. Perhatikan program force molting ayam dengan metode konvensional berikut ini 

2.      Metode Macxindoe

          Pada metode Macxindoe, proses force molting ayam menggunakan kombinasi daun lamtoro. Karena, daun lamtoro memiliki kandungan mimosin yang dapat mempercepat proses molting pada ayam petelur. Setelah 6 minggu dari hari ke-26, produksi telur dapat berlangsung kembali. Berikut adalah program force molting ayam dengan metode Macxindoe 

3.         Metode Milo

          Pada metode Milo, proses force molting ayam menggunakan pakan berupa jagung atau gandum saja dalam waktu yang lama. Metode Milo merupakan metode force molting ayam yang cocok digunakan di wilayah dengan iklim tropis seperti Indonesia. Selama tahap awal, pencahayaan dibatasi 8 jam per hari. Kemudian pada hari ke 61 hingga hari ke 68 dilakukan penambahan pencahayaan sekitar 3 jam sampai 4 jam. Sehingga lamanya pencahayaan dalam sehari antara 14-16 jam.

4.      Metode Washington

          Pada metode Washington, proses force molting ayam dilakukan dengan membatasi pakan perhari. Yaitu hanya 2,7 kg/100 ekor/hari. Kemudian pada hari ke 50 dilakukan penambahan pencahayaan sekitar 3 jam sampai 4 jam. Sehingga lamanya pencahayaan dalam sehari antara 14-16 jam.

Berikut adalah tabel dari program force molting ayam metode Washington 

          Force molting ayam merupakan tidakan yang dapat dipilih dalam suatu usaha peternakan untuk memaksimalkan pendapatan yang masuk.Meskipun demikian, proses force molting ayam harus dilakukan secara hati-hati. Karena beberapa ayam dapat stress dan berujung dengan kematian. Oleh karena itu, monitoring (pemantauan) harus dilakukan dengan benar agar hasil dari proses force molting sesuai harapan

E.        Rontok Bulu Secara Paksa (Force Molting)

          Proses molting pada ayam petelur yang tidak teratur dan berkepanjangan ikut mempengaruhi produksi telur, sehingga peternak bisa merugi. Tetapi ada manfaat penting molting, dimana masa berproduksi dapat diperpanjang sehingga peremajaan dapat ditunda untuk beberapa waktu sehingga dapat meningkatkan kualitas (berat, ukuran, ketebalan, warna kuning telur) dan kuantitas (hen day production).

          Besarnya manfaat yang diperolah dari molting, memicu para ahli perunggasan melakukan penelitian guna mencari cara yang tepat untuk memaksimalkan keuntungan yang diperoleh. Usaha yang dilakukan lebih banyak berfokus untuk mempersingkat waktu yang diperlukan pada satu periode molting dan mengupayakan produksi yang maksimal selama proses molting berlangsung. Usaha yang dilakukan para ahli unggas kemudian banyak dipraktekan praktisi dan peternak unggas dan dikenal dengan istilah force molting atau rontok bulu secara paksa.

          Usaha yang dilakukan pada force molting yaitu dengan cara memberikan rangsangan secara buatan terhadap ayam petelur tua – babon, sehingga terpaksa mengalami molting. Proses ini dilakukan dengan cara memberikan masa istirahat bagi babon tua setelah masa puncak produksi, kemudian dapat meneruskan produksi telur pada siklus berikutnya. Tiga cara yang dapat dilakukan untuk perontokan bulu secara paksa antara lain:

F.      Air minum

          Pembatasan air, dimaksud untuk menibulkan stress akibat kekurangan air. Air yang biasanya diberikan secara adlibitum, dibatasi jumlahnya pada hari pertama dan kedua, kemudian dipulihkan lagi dua hari kemudian. Akibat negative yang dapat terjadi pada musim panas atau kemarau yang berkepanjangan yaitu ayam mudah mengalami dehidrasi yang berujung pada kematiannya.


G.     Pakan

          Pembatasan pakan, yaitu dengan cara membatasi pakan yang diberikan selama beberapa hari, dan pakan yang diberikan dalam bentuk biji-bijian. Ini sangat disarankan dan force molting yang dihasilkan akan sempurna. Pengurangan cahaya atau sinar, yaitu membatasi cahaya yang dihasilkan dari lampu dan hanya menggunakan cahaya matahari atau penerangan alami. Jika dilihat menurut kondisi iklim kita di tanah air, maka cara pembatasan pakan adalah yang paling memungkinkan diterapkan untuk program rontok bulu paksa karena pelaksanaannya relatif lebih mudah. Hal yang perlu diperhatikan agar program ini dapat berlangsung dengan baik yaitu ayam petelur yang mendapat perlakuan ini harus dalam kondisi yang prima. Dengan kondisi kesehatan yang baik dipastikan ayam yang mengalami rontok bulu secara paksa akan berproduksi dengan baik.

            Pelaksanaan force molting ini biasanya dilakukan setelah bulan ke-12 sampai 14 masa produksi. Terkadang program ini dilakukan pada umur produksi 8-10, karena harga telur di waktu mendatang diramalkan baik. Beberapa metode force molting sebagai referensi menurut North (1972) adalah sebagai berikut:

1.       Ayam dipuasakan dari pakan selama 10 hari tanpa pembatasan air minum. Hari ke-11 baru diberikan ransum ayam petelur

2.       Ayam dipuasakan selama 7 hari, 2 hari tidak diberikan air minum, kemudian hari ke -8 diberikan ransum ayam petelur

3.         Ayam dipuasakan selama 10 hari, air minum tidak dibatasi, hari ke-11 sampai dengan 24 diberikan ransum protein rendah, dan pada hari ke -25 diberikan ransum ayam petelur.

4.         Ayam puasa makan selama 10 hari dengan pembatasan air minum pada 4 hari pertama. Ransum tingkat protein rendah diberikan pada hari ke -11 sampai dengan 24, setelah itu baru diberikan ransum ayam petelur.

Dari empat metode yang ditawarkan ini, berdasarkan kajian yang dilakukan, metode nomor dua memberikan hasil yang paling maksimal.

            Dari berbagai pengalaman pelaksanaan rontok bulu secara paksa, adalah peningkatan produksi telur secara cepat. Force molting menghilangkan sejumlah lemak tubuh ayam petelur, dan setelah force molting ransum yang diberikan dalam jumlah cukup secara kualitas dan kuantitas akan meningkatkan produksi telur. Selain itu setelah beristirahat bertelur, ayam diberikan kesempatan bertelur setelah force molting secara lebih baik.

          Secara garis besar, dua keuntungan penting dari program rontok bulu secara paksa adalah:

H.        Keuntungan Ekonomi;

          Force molting ikut menekan pembiayaan dan memperpanjang masa produksi. Ayam petelur biasanya diafkir pada pada produksinya mencapai 12 bulan atau akhir masa produksi pertama. Hal ini disebabkan pada masa produksi berikutnya produksi telur akan turun sangat menyolok, sehingga jika dipelihara terus, peternak akan merugi. Dengan modal tambahan yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan membesarkan kuri menjadi ayam dara yang siap bertelur, aplikasi force molting atau rontok bulu secara paksa mampu membuat ayam petelur tua awet memproduksikan telurnya mendekati produktivitas ayam dara.

 

I.          Keuntungan lainnya 

          Keuntungan lainnya adalah jika dibanding molting yang normal, perlakuan force molting mampu mengembalikan produktivitas ayam petelur tua setara dengan ayam dara. Artinya bahwa pelaksanaan peremajaan ayam diperpanjang dan dari hasil penelitian ternyata bahwa di Indonesia ayam petelur tetap awet muda dengan perlakuan rontok bulu paksa hingga 17 bulan. Keuntungan lain yang diperolah adalah periode non-produktif akibat molting 8-12 minggu dapat dipersingkat dengan force molting menjadi sekitar 3-4 minggu. Ayam yang mengalami rontok bulu secara paksa sudah berusia lanjut dan mempunyai daya tahan terhadap penyakit yang lebih baik dibanding ayam dara, sehingga resiko kematiannya sangat rendah. Ini menguntungkan peternak karena dapat mengurangi perhatian dan peternak dapat melakukan aktivitas lainnya.

 

J.         Siklus Force Molting

          Sebagian peternak pasti sudah paham bahwa molting merupakan proses alamiah rontok bulu yang memang biasa terjadi pada ayam petelur yang telah berproduksi cukup lama (± 90 minggu) dan berlangsung selama ± 4 bulan bahkan bisa lebih singkat. Fenomena rontok bulu atau molting biasa terjadi pada ayam yang telah berumur tua dengan produksi telur harian sudah di bawah 60%. Bisa juga terjadi pada ayam muda terutama saat ayam mengalami stres berat. Kasus rontok bulu yang cepat pada seluruh populasi atau segala umur biasanya merupakan gejala bahwa telah terjadi sesuatu yang serius (misalnya: kekurangan air minum atau sangat kedinginan).

          Molting adalah proses fisiologi pada unggas yang dipengaruhi oleh perubahan kadar hormon prolaktin, gonadotropin, tiroksin, dan hormon steroid ovarium (Berry, 2003). Rontok secara alami terjadi pada akhir periode bertelur yang disebabkan tingginya hormon prolaktin pada tubuh ayam. Proses rontok pada ayam terjadi dengan pola tertentu. Urutan rontoknya dimulai dari bulu kepala, leher, dada, punggung, sayap, dan ekor. Rontok sayap tidak terjadi secara bersamaan. Bulu yang pertama kali rontok adalah bulu primer yang berdekatan dengan bulu aksial. Selanjutnya bulu rontok sesuai dengan urutannya (Suprijatna et al., 2005).

          Prinsip utama molting adalah memberikan masa istirahat bertelur bagi ayam umur dewasa. Agar ayam bisa beristirahat, maka kita perlu memberikan “cekaman” pada ayam, barulah produksi telur terhenti dan alat-alat reproduksinya akan mengalami “perbaikan”. Cekaman atau tekanan yang dimaksud diantaranya dengan mengurangi jumlah ransum secara bertahap, memuasakan ayam tanpa diberi ransum sama sekali selama beberapa waktu, atau mengubah susunan formulasi ransum. Namun, dari beberapa metode tersebut, yang paling sering dilakukan di lapangan adalah metode kedua yaitu memuasakan ayam. Inilah yang biasa dilakukan peternak dan disebut dengan istilah force molting.

          Karena dipuasakan, ayam akan membongkar cadangan makanannya selama seminggu, mendegradasi lemak abdominal yang dimanfaatkan untuk sumber energi. Hal terpenting dalam proses molting ini adalah menstimulir berperannya hormon prolaktin dalam menghambat sementara hormon Follicle Stimulating Hormone (FSH) dan Luteinizing Hormone (LH) sehingga proses pembentukan sebutir telur terhenti sementara waktu. Setelah 30 hari atau 60 hari perlakuan molting ini lalu diberikan jatah pakan dan air minum serta rangsangan cahaya seperti biasa, dan kedua hormon tersebut akan kembali beraktivitas seakan-akan menjadi ayam petelur muda.

          Setelah molting akan terjadi peningkatan produksi telur, disebabkan adanya perbaikan fungsi ovarium oleh sel atau jaringan baru (Barua et al., 2001). Razak (2010) melaporkan bahwa terjadi peningkatan telur yang cukup signifikan pada ayam petelur afkir setelah dilakukan program molting menggunakan metode pemuasaan atau pembatasan pakan.

 

K.        Nutrisi Fase Force Molting

          Kondisi kekurangan nutrien pada ayam yang mendapatkan perlakuan force molting dengan puasa pakan total dan pembatasan pakan akan menyebabkan proses peneluran berhenti selama 4 minggu. Hal ini terjadi akibat kurangnya konsumsi energi dan nutrien lain sehingga proses pembentukan telur terganggu. Pada saat istirahat produksi terjadi refreshing dan perbaikan organ reproduksi (Rasyaf, 1994) sehingga mampu menaikkan kembali produksi telur pasca force molting.

          Produksi telur ayam akan menurun sampai dengan 0% pada saat perlakuan force molting. Pada minggu ke 7, ketika pakan diberikan normal kembali maka produksi telur mulai ada peningkatan. Mulai minggu ke 8 terjadi peningkatan produksi yang sangat cepat sampai dengan tercapainya puncak produksi pada minggu ke 10. Pada minggu-minggu berikutnya produksi telur sedikit demi sedikit menurun hingga pada minggu ke 16 produksi berada pada tingkat 69%. Pada ayam petelur afkir yang tidak diberi perlakuan force molting, produksi telur harian cenderung konstan pada kisaran 48-68% dengan rata-rata 59,4% (Mulyono, 2008).

 

L.        Waktu Force Molting

          Telah dijelaskan sebelumnya bahwa proses molting pada tubuh ayam terjadi secara berurutan. Namun proses molting yang tidak sama antara ayam yang satu dengan yang lainnya dalam satu kelompok ayam menyebabkan produksi telur harian (hen day) menjadi tidak seragam. Untuk membuat ayam molting secara bersamaan maka dilakukan force molting. Ayam akan bertelur kembali dan karena proses mulai bertelurnya bersamaan maka diharapkan terjadi puncak produksi ke-2 dengan persentase hen day cukup optimal dan menguntungkan peternak.

          Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Rajak (2010), force molting dengan menggunakan metode puasa makan selama 10 hari (ayam tetap diberi minum), kemudian dilanjutkan hari ke-11 sampai ke-30 ayam diberikan ransum komplit 25% atau jagung saja 50% dari konsumsi normal, hasilnya cukup memuaskan. Pada penelitian ini dicapai puncak produksi sampai 86% dengan rataan produksi telur mencapai 68,20%.

          Untuk kondisi Indonesia dengan iklim tropis, mungkin perlu dimodifikasi dalam pemberian air minum meskipun ayam mengalami puasa makan. Pada metode california molting program, ayam yang mati akan lebih banyak karena ayam dipuasakan dalam waktu 10 hari. Akan tetapi, produksi telur berikutnya akan lebih baik sebab ayam lebih lama tidak bertelur.

          Ayam layer memiliki siklus produksi yang khas biasanya mulai bertelur di umur 18-20 minggu dan mengalami puncak produksi hingga kurang lebih mencapai umur 80-90 minggu (ISA Layer Commercial Manual Guide, 2017) . Pada umur tersebut peternak bisa mengambil keputusan apakah ayam layer yang dipeliharanya akan diafkir atau dilakukan program force molting. Sebenarnya lazimnya force molting atau molting yang dipercepat sudah tidak dianjurkan lagi untuk dilakukan, sebab dengan adanya kemajuan genetik layer modern saat ini ayam sudah mampu berproduksi dengan performa produksi yang bagus. Dengan kemajuan genetik, untuk stabilisasi berat telur di angka maksimum rata-rata 64-65 gram membuat kualitas kerabang telur tetap terjaga, walaupun dipelihara sampai 90 bahkan 100 minggu. Tren di dunia pun semakin turun untuk melakukan force molting dikarenakan di berbagai negara sudah dilarang terkait aturan kesejahteraan hewan (animal welfare). Artinya force molting dilakukan apabila benar-benar dalam situasi darurat atau terpaksa dan sesuai dengan aturan yang berlaku di suatu negara terkait aturan animal welfare. Memang perlakuan ini harus dilakukan secara disiplin. Kelalaian sedikit saja akan mengakibatkan kerugian hingga bahkan menyebabkan kematian. Demikian pula kondisi ayam harus benar-benar sehat sebelum dilakukan molting serta kualitas pakan yang diberikan tetap dipertahankan seperti biasa.

 

M.       Kelebihan dan Kekurangan Forfe Molting

          Proses force molting yang dilakukan pada ayam petelur yang sudah tua memang memiliki beberapa efek positif, di antaranya:

 

1.            Setelah force molting

          Setelah force molting yaitu ketika bulu baru sudah tumbuh, ayam akan kembali bertelur meski jumlah produksinya tidak setinggi masa bertelur normal. Peningkatan produksi telur biasanya bervariasi sekitar 10-30% dibandingkan jika tidak dilakukan force molting, tergantung status kesehatan dan tingkat cekaman stres yang dialami ayam. Untuk gambaran saja, sebelum force molting selama satu periode yaitu dari umur 20-80 minggu, satu ekor ayam rata-rata bisa menghasilkan 20 kg telur. Sedangkan setelah force molting, ayam hanya mampu memproduksi 11-12 kg telur. Selain itu, ayam yang telah mengalami force molting masa produksinya lebih singkat. Normalnya produksi dimulai dari umur 20 minggu sampai afkir artinya bisa berproduksi selama 60-70 minggu, tetapi setelah proses force molting biasanya ayam akan sanggup berproduksi sekitar 25-30 minggu, kemudian baru diafkir. Proses force molting ini hanya dilakukan satu kali.


2.            Kualitas telur lebih baik

          Kualitas telur yang dihasilkan akan lebih baik, di mana ukuran telur bisa     lebih besar/berat dari normal dan warna kerabang lebih baik. Menurut penelitian Widodo (2008), dilaporkan bahwa program force molting memberikan hasil yang memuaskan terhadap kualitas telur. Kerabang telur menjadi coklat kembali dan kualitas kerabang lebih tebal.

 

3.            Feed Intake,

          Walaupun memiliki efek positif namun apabila tidak dilaksanakan dengan tepat dan optimal akan menimbulkan efek negatif dari proses force molting tersebut diantaranya sebagai berikut: – Program ini adalah kondisi dimana ayam akan sengaja dibuat mengalami stres. Sehingga tidak menjamin semua ayam bisa melakukan force molting. – Selama force molting akan terjadi penurunan produksi telur secara drastis atau ayam berhenti bertelur sama sekali, serta terjadi penurunan bobot badan. – Program force molting ini bisa memicu tingkah laku abnormal ayam seperti mematuk-matuk bahkan kanibalisme.Apabila kondisi ayam tidak siap untuk diberikan perlakuan force molting, bisa mengalami kematian karena kondisi tubuh yang lemah. – Program ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar jadi memang harus diperhitungkan sesuai kebutuhan dan kondisi pasar. – Adanya biaya tambahan seperti dari biaya pakan, desinfektan, serta persiapan obat-obatan tambahan. – Resiko terinfeksi penyakit hingga kematian

 

N.        Persiapan dan Penanganan yang Matang

          Dalam melakukan program ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar efek negatifnya bisa diminimalisir, antara lain:

1. Sebelum force molting

a. Ayam harus dipastikan sehat. Jika ada ayam yang tidak sehat, maka harus diafkir (dijual) karena ayam bisa mati ketika force molting dijalankan. Cek status kesehatan ayam dengan melakukan uji titer antibodi di laboratorium. Lebih baik lagi jika sebelumnya ayam telah mendapatkan program vaksinasi sesuai aturan.

b. Sebelum melakukan force molting, sebaiknya peternak melakukan seleksi berat badan ideal ayam. Standar bobot badan ayam yang akan di-force molting harus berkisar 1,9-2 kg dengan usia berkisar 90 minggu atau lebih. Yang perlu diingat adalah 2-3 hari sebelum molting dan selama produki telur masih ada tetap diberikan penambahan kalsium seperti Oyster shells atau sumber lain 4-6 gram per ekor agar tidak kekurangan kalsium pada tulang

c. Ciptakan kondisi Iingkungan kandang yang nyaman dan bersih, pengaturan suhu kandang yang terprogram, dan pengaturan penyinaran cahaya.

d. Tingkatkan biosekuriti. Saat molting biasanya ayam menjadi sangat lemah dan tingkat stresnya tinggi sehingga rentan terserang penyakit. Oleh karenanya jadwal pembersihan dan desinfeksi sebaiknya ditingkatkan juga. Begitu juga desinfeksi kandang. Saat ada ayam pilih desinfektan yang aman, seperti AntisepNeo Antisep atau Medisep Selama force molting.

e. Vaksinasi yang terprogram dengan baik tidak akan memberikan hasil pencegahan penyakit yang optimal jika tidak didukung dengan pelaksanaan biosekuriti yang ketat selama program. Oleh karena itu, tingkatkan biosekuriti khususnya pada orang, peralatan, dan kendaraan yang berpindah-pindah seperti tim vaksinator, mobil ayam afkir, kotak telur dll.

 

 

3,      Refleksi

Setelah Ananda mempelajari materi tentang langkah langkah molting ternak unggas petelur  pada modul agribisnis ternak unggas petelur  yang mencakup Program Force Molting, Defenisi Force Molting, Tujuan Force Molting, Metode Force Molting, Rontok bulu secara paksa (Force Molting), Perlakuan pemberian Air minum, Perlakuan pemberian Pakan, Keuntungan Ekonomi, Keuntungan lainnya, Siklus Force Molting, Nutrisi Fase Force Molting, Waktu Force Molting, Kelebihan dan Kekurangan Forfe Molting, Persiapan dan Penanganan yang Matang, harap jawab pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut

 

a.           Pertanyaan:

Hal-hal apa saja yang dapat ananda lakukan tekait dengan materi Program Force Molting dalam agribisnis ternak unggas petelur?

 

Jawaban:

 

 

 

 

 

 

 

 

b.         Pertanyaan:

Aspek menarik apa saja yang Ananda temukan dalam materi  Program Force Molting dalam agribisnis ternak unggas petelur?

 

Jawaban:

 

 

 

 

 

c.         Pertanyaan:  

Manfaat apa saja yang ananda peroleh dari materi molting dalam agribisnis ternak unggas petelur?

 

Jawaban:

 

 

 

 

 

 

 

 

d.         Pertanyaan:

Manfaat apa saja yang ananda peroleh dari materi molting dalam agribisnis ternak unggas petelur?

 

Jawaban:

 

 

 

 

 

 

 

4,     TUGAS

Pilihlah salah satu tugas di bawah ini

a.         Buatlah suatu makalah tentang molting dalam agribisnis ternak unggas petelur?

b.         Buatlah suatu makalah tentang molting puyuh dalam agribisnis ternak unggas petelur?

c.         Buatlah suatu makalah molting telur itik dalam agribisnis ternak unggas petelur?

 

5.         Tes Formatif

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas !

a.         Jenis bahan pakan apa saja yang diperlukan untuk produksi telur?

b.         Jenis limbah pertanian apa saja yang diperlukan untuk proses meningkatkan produksi telur ayam?

 

C.      Penilaian

1.         Sikap

Ananda diminta untuk melakukan penilaian diri. Penilaian ini dilakukan cara sebagai berikut :

a. Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti

b. Berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari di tempat PKL

2.         Sikap Spritual

NO

ASPEK PENGAMATAN

SKOR

1

2

3

4

1

Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu

 

 

 

 

2

Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan

 

 

 

 

3

Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi

 

 

 

 

4

Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan

 

 

 

 

5

Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan

 

 

 

 

Jumlah Skor

 

 

 

 

 

Keterangan :

5.         Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

6.         Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan

7.      Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

8.         Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

 

  g.        Sikap Jujur

NO

Aspek Pengamatan

SKOR

1

2

3

4

1

Tidak nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas

 

 

 

 

2

Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas

 

 

 

 

3

Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya

 

 

 

 

4

Melaporkan data atau informasi apa adanya

 

 

 

 

5

Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki

 

 

 

 

Jumlah Skor

 

 

 

 

 

Keterangan :

5.         Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

6.         Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan

7.         Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

8.         Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

 

h.            Sikap Disiplin

NO

Sikap yang diamati

Melakukan

YA

Tidak

1

Masuk tempat PKL tepat waktu

 

 

2

Mengumpulkan tugas tepat waktu disekolah

 

 

3

Memakai seragam sesuai tata tertib ditempat PKL

 

 

4

Mengerjakan tugas yang diberikan ditempat PKL

 

 

5

Tertib dalam mengikuti kegiatan di tempat PKL

 

 

 

i.          Pengetahauan

Jawablah pernyataan di bawah ini dengan singkat dan jelas !

a.         Jelaskan berapa lama pembentukan telur ayam?

b.         Jelaskan jenis ternak unggas apa saja yang dapat menghasilkan telur?

c.         Jelaskan bagaimana langkah-langkah ananda dalam pemanenean telur dalam kandang?

d.         Jelaskan jenis jenis limbah pertanian apa saja yang dapat dijadika sebagai bahan baku pakan ternak unggas petelur?

 

j.          Keterampilan

Lakukan kegiatan persiapan dan peralatan untuk kegiatan pemanenan telur ayam.

NO

Kriteria ( 100%)

YA

Tidak

1

Program Force Molting, Defenisi Force Molting, Tujuan Force Molting, Metode Force Molting, Rontok bulu secara paksa (Force Molting), Perlakuan pemberian Air minum, Perlakuan pemberian Pakan, Keuntungan Ekonomi, Keuntungan lainnya, Siklus Force Molting, Nutrisi Fase Force Molting, Waktu Force Molting, Kelebihan dan Kekurangan Forfe Molting, Persiapan dan Penanganan yang Matang,

 

 

2

Menetukan jenis-jenis peralatan dan sarana pendukung program molting dalam agribisnis ternak unggas petelur

 

 

3

Menginventarisasi kebutuhan molting dan peralatan untuk usaha agribisnis ternak unggas petelur

 

 

4

Menentukan peralatan untuk program molting ternak unggas petelur dan penyimpanannya

 

 

5

Menentukan kebutuhan dosis bahan untuk sanitasi dan prosedur sanitasi untuk telur tetas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

soal ternak unggas petelur SMK

  PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA BARAT DINAS PENDIDIKAN SMK NEGERI 1 GUNUNG TULEH J...